Sabtu, 13 Desember 2014

Jogja, MySweetEscape : "KETEP PASS"

Mengambil sisa cuti di akhir tahun itu agak maksa sebenarnya..belom tau mau kemana dan ngapain, pokoknya diajuin aja biar gak hangus tahun depan. Lagi ngobrol-ngobrol dengan temen, ternyata dia mau cuti juga dan sdh berencana ke Jogja dengan tujuan utama mau periksa gigi (detilnya gak usah diceritain), jadi dia seminggu bakalan disana tanpa rencana mw ngapain pokoknya pergi aja..haa..kalo gitu yuuk lah mumpung ada temen yang liburannya ngganggur akhirnya diriku memutuskan ke Jogja juga dengan iming2 temenku mw nemenin ke Dieng 2 hari.
Saya berangkat hari Sabtu sendirian karena temen ku sudah berangkat hari sebelumnya. Nyampe di Adi Sucipto, dasarnya mau uji nyali dan uji kuat (angkat koper maksudnya, nggak dink saya mah pake ransel aja biar lebih gesit)..haha..sengaja mau nyobain naik transportasi umum dari sana, nyampe baru browsing itu sungguh tidak dianjurkan, karena saya kelabakan mau naik transjogja trayek berapa. Nah, temen saya kan nginep di kost sepupunya, tiap ditanya halte transjogja paling deket dengan kost apa namanya, nggak tau juga dia. Yang tau nya kalo kost nya deket dengan kampus UAD (Univ.Ahmad Dahlan). Setelah nanya nanya dengan petugasnya dikasih tau kalo paling deket kampus III itu mampir di Kusumanegara, naik trayek 1b. Nggak usahlah panjang panjang ceritain kebingungan saya menentukan naik trayek yang mana karena makan waktu banget, singkatnya saya sampai di Kusumanegara dan dijemputin sama temen saya.
Singkat cerita lagi saya pindah nge kost di kamar temen saya satunya lagi yang kebetulan juga masih kuliah S2 di UGM karena kamar kost sepupu temen saya itu nggak bisa diinapin 2 org..kayak sarden donk. Tadinya kita mau nginep di hotel aja, tapi sepertinya nanggung banget udah malam juga, jadi biarlah diputuskan besok besok.

Besok paginya kita ketemuan sarapan di Pecel Madiun mau sekalian ngebicarain rencana jalan jalan. Accidentally temenku ngajakin ke Ketep, sumpah aku nggak tau tadinya itu tempat apaan, ternyata merupakan tempat wisata alam dimana juga terdapat tempat gardu pandang ke Merapi dari Ketep Sawangan, Magelang. Jadilah kami naik motor ke sana sekitar 1 jam.

Sempat mampir ke Langgar kecil di pinggir jalan buat shalat dulu sebelum melanjutkan perjalanan. Menuju ke sana lumayan menanjak, namanya juga gunung, dan cuacanya dingin dingin asik gitu karena mendung... Sialnya lupa bawa jaket jadiii...dinikmati aja kan udah minum tolak angin..;))
langgar tempat kami mampir buat shalat Zuhur

Sepanjang jalan terasa seger banget udaranya jauh dari polusi, di kanan kiri banyak terlewati sawah sawah dan perkebunan. Sampai di Ketep ternyata banyak pengunjung karena hari Minggu.
Tiket masuk sebesar Rp.7000,- per orang ditambah Rp.500,- asuransi, dan untuk parkir sepeda motor Rp.2000,-

Gerbang Taman Nasional Gunung Merapi

Tiket masuk Ketep Pass

diresmikan oleh Presiden Megawati tahun 2002

Di sana selain ada gardu pandang, juga ada Ketep Volcano Theater yang memutar letusan gunung merapi (btw kami nggak sempat masuk ke sini karena terlalu asik foto-foto), Museum Gunung Merapi (kalo disini masuk laah), juga ada restoran (sempet makan di sini karena lapar).

ada semacam gazebo tempat dipamerkan foto foto tempat wisata yang ada di Jawa Tengah

Gunung Merapi saya foto dari Pelataran Panca Arga
swing swing..^^
di miniatur gunung ini ada tombol tombol yang jika dipencet akan menyalakan lampu nya sehingga  kita bisa tahu jalur jalurnya
Museum Vulkanologi

di museum sih lebih banyak dipajang foto-foto gini..tapi foto fotonya dahsyaaat...cakep cakep loo
Ketep Volcano Theater, cuman mejeng di depannya doank
patung garuda

Pelataran Panca Arga

mem foto dalam perjalanan pulang

Maklumilah ke narsisan kami karena maap saja di Banjarmasin gak ketemu gunung.

Karena waktu berangkat saya nggak tau sama sekali tentang Ketep jadi baru pagi ini saya ngebrowsing wikipedia :D

Ketep Pass adalah nama sebuah objek wisata di Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Ketep Pass ini merupakan Obyek Wisata alam yang dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian, khususnya Gunung Merapi.Pada tanggal 17 Oktober 2002, Ketep Pass diresmikan sebagai kawasan wisata jalur Solo–Selo–Borobudur (SSB) oleh Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Lokasi Ketep Pass berada di puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu). Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 meter dpl dan luas areanya kurang lebih 8000 meter persegi. Ketep pass ini berjarak 21 km dari Mungkid, 17 km dari Desa Blabak ke arah timur, 30 km dari Kota Magelang, 35 km dari Kota Boyolali, dan 30 km dari Candi Borobudur. Dari Kota Salatiga yang berjarak sekitar 32 km, Ketep Pass dapat dicapai melalui Kopeng dan Desa Kaponan. Lokasi obyek wisata Ketep Pass ini mudah dijangkau baik dengan bus besar, minibus, sedan atau sejenisnya maupun sepeda motor karena medan jalannya yang tidak terlalu susah untuk dilewati. (http://id.wikipedia.org/wiki/Ketep_Pass)