Sabtu, 13 Desember 2014

Jogja, MySweetEscape : Ala ala Korea di Dae Jang Geum ^^



Terakhir ke Jogja sekitar 2012 kalo nggak salah, nah pas itu ada Festival Jogja Jepang dan saya ke sana dengan temen saya Rifqoh ini, waktu itu dia masih ngambil S2 juga di UGM. Waktu foto-foto di sana ada seorang ibu yang cerita kalo di daerah Monjali sana ada rumah makan ala Korea namanya Dae Jang Geum yang kita bisa nyewa Hanbok nya dan foto foto di sekeliling lokasi resto itu. Saat itu mikir, okke, one time i’ll go there
Jadi ke Jogja juga dalam misi ke sana..hahah..
Udah niat banget browsing browsing alamat dan gimana gimananya.

Setelah pulang dari Ketep yang agak agak udah kesorean, mumpung terlewati kita mampir aza di jalan Palagan Tentara Pelajar nyari nyari tuh resto. Ternyata di jalan itu banyak banget tempat makan yang kelihatannya cozy semoga nggak mahal (nanti bolehlah nyobain kapan-kapan) dan akhirnya nyampe di resto itu. Karena hari Minggu resto nya lumayan penuh kita nggak dapet yang private room. Akhirnya kita ambil yang gazebo, agak remang-remang gimana gitu. Karena misi kita buat narsis-narsisan, akhirnya diputuskan untuk malam ini nyobain makanan aja dulu, dan besok mesti ke sini lagi buat foto-foto pake hanbok dan jangan kemaleman.

hari pertama ke sana dengan muka lecek nggak keruan..hahah...
Pernah nonton drama korea dengan judul sama “Dae Jang Geum”? Sepertinya namanya memang terinspirasi dari drama korea tersebut deeh. Selain resto dengan disain ruangan ala rumah korea kuno di drama drama, pelayan yang berseliweran juga pake hanbok. Btw, saya nggak ngeliat ada pelayan cowok yaa..entahlah mereka di mana. Nah kalo kita milih makan di ruangan utama dari restoran juga ditayangkan drama/film korea dengan layar yang lumayan besar (ini hasil pengamatan pas kami di sana hari ke2 ya)
Saya memesan Kimbap Tuna dan Green Tea, dan temen saya pada mesen sup sup an gitu namanya Galbi Tang (bentuknya sih sup iga sapi) dan Kori Gom Tang (sup apa ya..udah lupa), minumnya Ginseng Tea (tuaaa banget nih pesenannya si Rifqoh :D) sama Cocoa me de Fasto (sepeti milkshake). Mba nya yang ngelayanin kita cantik banget (2x ke sana nggak bisa foto sama si mba cantik ini..:()
daftar menu masakan Korea

Sebelum pesanan kita datang, ada makanan pembuka seperti Kimchi, keripik kentang, dan sayur kaya kangkung di oseng di taruh di piring-piring mini. Keripik kentangnya ludes, sayurnya lumayan ada rasa, Kimchinya rasanya antara asem dan pedes, seger sih tapi belum familiar di lidah. Begitu main menu datang ternyata Kimbap nya banyaaaak..rasanya lumayan tapi ada cocolannya pas diicip ternyata kecap asin. Kalo sup sup nya kalo lidah saya sih nggak ada rasanya selain kaldu doank, di samping sup disediain piring mini isi daun bawang dan juga dikasih botol botol bumbu berupa garam, bubuk pedes sama apa yaa lupa..
Nah temen ku agak gila nyampurin bumbu, habis sup dia kasih garam, masih berasa kurang sreg dia kasih gula 1 sachet (kebetulan pesanan dia ginseng tea, jadi dikasih gula 2 sachet haha..). Kimbap aku nggak habis, mereka mah habis aja makan, sepertinya mereka lapar..sisa sisa yg nggak habis dibungkusin buat temen di kost.
 
kimbap isi tuna dengan cocolan kecap asin


ada kimchi, osengan daun, keripik kentang sebagai makanan pembuka dan sup yang dikasih daun bawang banyaaak di sampingnya

Besoknya kami ke sana lagi setelah dari De Mata Trick Eye Museum, sudah agak sore juga, tapi misi hari ini harus berhasil. Karena saat itu hari senin jadi agak sepi kami bisa memesan private room.


Private room dari luar, gak foto dari dalam awalnya karena agak berantakan dengan barang kita..hee..

mulai pose pake hanbok depan ruangan

Ruangannya enak, tertutup ada AC dan TV, temenku ajah shalat di dalam ruangan situ bisa. Kami memesan Kimbap lagi tapi kali ini yang isi daging, temen satunya mesan sejenis Mie yang ternyata mangkuknya gede banget ;) dan aku memesan Sate Ayam pake nasi.. iyya betul temen temen, daripada aku pulang kelaperan akhirnya aku memutuskan memilih menu di bagian Indonesia..haha..Jadi sebenarnya menunya itu ada makanan Korea, makanan Jepang dan Makanan Indonesia. Jadi buat yang gak makan segala bisa memilih kok.

ini pesanan kami hari ke 2 ke sana, tetap ada kimchi tapi gak ada keripik kentang, adanya osengan toge

Menyewa Hanbok seorang Rp.15.ooo dan sudah ala ala model aja foto di setiap sudut resto pe keringetan..haa..mumpung gak banyak orang juga jadi terasa bebas. Pas lagi asik foto foto ada 2 orang bapak bapak yang naga naga nya orang Korea asli lewat sambil senyum dan ngacungin jempol ke temenku yang lagi kuambil fotonya hehe..pas dia lagi makan kita ajakin foto..
Ahjussi nya ramah banget, bisa bahasa Indonesia dikit dikit tapi dia ngaku emang orang Korea. Ahjussi yang lebih tua yang jadi nerjemahin kata kata kita..
sama temenku tercintaaah...



ahjussi baik hati yang mau kita gangguin makannya buat foto foto..haha..Kumapshimida

Di dinding seberang kasir terdapat papan tulis dimana kita bisa menulis testimonial tentang rumah makan itu ato apapun..ada beberapa tulisan yang pake hangul juga loo..daebak kaaan...


papan testimonial
ada foto foto artis korea juga hihi..

Tepar kecapean dan kekenyangan pulang dari sana, padahal kita bakalan dijemputin sopir travel ke Dieng Wonosobo jam 1 malam. Ayuuu pulaaang...tiduuur...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar