Minggu, 14 Desember 2014

Jogja, MySweetEscape : DIENG

Sebelum pergi sudah browsing browsing paketan ke Dieng yang dijual travel. Ternyata travel jual paketan backpacker ato nggak itu minimal untuk 4 orang, nah lhoo padahal kita cuman berangkat berdua (kemudian jadi bertiga). Kadung sudah mau ke sana jadi mau nekat backpackeran naik angkutan umum. Udah dapet sih nomor travel ke Wonosobonya, terus gimana ke Diengnya, Nomor telepon Penginapan yang di sana dan nope guide buat mendaki Sikunir. Kurang apa lagi coba?
Ternyata kurang waktu..hihi..kalo nekat bacpackeran kita harus nginap (emang rencana nginep), tapi kemudian temenku dapet leaflet yang nggak nginep berangkat dari Jogja jam 01.00 malam dan pulang ke Jogja paling lambat sore udah nyampe..dengan harga yang nggak terlalu mahal juga (menurut kami ya..)
Setelah sesorean sampai malam baru balik ke kost temen ku, total kami cuma tidur paling 1 jam ketika mas Aryo dari travel njemputin..hedeeeh..bisa ketebak dong sepanjang jalan ke Wonosobo si Mas Aryo kami kacangin..kami tidur sepanjang jalan kayak orang pingsan..haa..

Nyampe di Dieng kami mampir di Penginapan Bu Djono ceritanya mw ngejemputin guide buat  treking ke Sikunir tapiii...begitu keluar mobil dingiiiin bingiiiits...nah si mas nya yang akhirnya kami tau namanya Mas Dwi ini keluar cuman pake hem gitu...wwaaaaaawww...habis itu dia pake jaket sih..hehe..tapi nggak berlapis lapis kaya kami punya..maklumlah di tempat kami kan panas..

Sedikit tentang penginapan Bu Djono ya..waktu saya nyari nyari jalan ke dieng itu setiap blog yang saya kunjungin pasti rekomendasiin ini penginapan. Jadi sebenarnya penginapan ini terkenal, para guide nya juga kayaknya ngumpul di sini, soalnya waktu kami sarapan banyak orang orang yang dateng melihat lihat dan nanya nanya di sana.

Kembali ke...pas mampir sini kami di bikinin teh dulu sama mas dwi, dia kata ngeteh aja dulu baru wudhu di sini, jadi ntar nyampe di parkiran menuju sikunir kita bisa shalat di mushallanya. Lanjuut..singkatnya langsung ke sesudah shalat. Sekitar setengah 5 subuh kita mulai mendaki jalan setapak menuju puncak gunung Sikunir. Gelap banget dan pake senter kecil gitu sebenarnya menguntungkan juga (pas pulang baru liat jurangnya lumayan bikin gemeteran haha..). Ada beberapa rombongan juga yang berpapasan dengan kami di jalan. Beberapa meter agak sulit medannya, batu batu gede gak nempel jadi pas kalo diinjak goyang gitu mana licin karena basah gak ada pegangan pula, jadi harus ekstra hati hati. Kalo licin gitu ternyata lebih aman telapak kaki dimiringin. Katanya sih naik sampai ke puncak itu makan waktu sekitar 27 menit (gak dipasin 30 menit gitu..hee), kalo lancar lancar ajah. Lumayan membuat jantung berdetak lebih cepat, amat sangat lebih cepat dari biasanya (kalo dipakein heart rate monitor kayanya alatnya udah bunyi..hehe..saking lewat batas aman).

Satu temenku punya asma, jadi dia ngos ngosan banget dan harus berhenti setiap tikungan. Tau lah kalo naik gunung semakin tinggi oksigen makin menipis, mana tumbuhan belum berfotosintesa jadi cepet banget kita kekurangan oksigen. Alhamdulillah kami nyampe tepat waktu untuk ngerekam sunrise nya di puncak Sikunir. Sudah banyak yang nongkrong di atas mengabadikan moment itu. Dari puncak Sikunir kita bisa melihat Merapi (terlihat paling jauh), Merbabu, Sindoro dan Sumbing (kalo nggak salah ingat yaa..) yang paling terlihat besar adalah gunung Sindoro.

Negeri di Awan

Sebagai pencinta matahari terbit sejati langsunglah diriku jeprat jepret dengan semangatnya, udah lupa perjuangan naik tadi karena sebanding banget dengan apa yang didapatkan, malah lebih dahsyat. MasyaAllah..Matahari terbit di ufuk Timur, dengan siluet gunung yang berdiri gagah. Semburat merah oren yang cantik memenuhi garis langit. Setelah matahari agak tinggi terlihat lah gumpalan awan putih terhampar seperti karpet dan kita berdiri di atasnya..waaah..
Kalo dengan melihat ciptaan Tuhan seperti ini membuatmu bahagia amat sangat, Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Mas Dwi, guide kami naik ke Sikunir ^^ thanks mas udah nemenin buibu narsis iniih..

edelweis asli di habitatnya..sayangnya cuman sedikit.. ;(

Gunung Sikunir ini terletak di Desa Sembungan Kab.Wonosobo, memiliki ketinggian sekitar 2.350 mdpl, sedangkan dieng sendiri merupakan dataran tertinggi se Pulau Jawa sekitar di atas 1.000 mdpl gitu..Konon suhu nya antara 12-20 °C jika siang dan 2-10°C jika malam. Pada musim kemarau justru suhu lebih rendah bisa sampai 0°C. Masyarakat di Sembungan yang kami temui kebanyakan bertani kentang. Dari atas gunung pun terlihat kebun kentang yang bertingkat-tingkat.

Paling berkesan ke Dieng memang Gunung Sikunir, yang lainnya cantik juga sebagai pelengkap. Dari Sikunir sebelum pulang kami mampir ke Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang dan Telaga Warna.

komplek candi Arjuna

Kawah Sikidang..belerang tercium sepanjang jalan..