Kamis, 15 Mei 2014

Pasar Terapung..

Mempromosikan kampung sendiri gak salah doonk..
Pasar Terapung ato kerennya floating market di kota Banjarmasin ada 2 tempat yang bisa di datangi..
Pasar terapung di Lok Baintan dan Pasar Terapung muara kuin
Pasar Terapung Muara Kuin buka lebih pagi..ato bisa dibilang dini hari, kalo kita sampai jam 7 pagi disana yang jualan sdh tinggal sedikit karena acara pasar nya udah selesai..
Berangkat bisa lewat depan Kantor Gubernur naik perahu yang disebut kelotok.



Pasar terapung Lok Baintan lebih siang tutupnya, jd bisa kita berangkat agak siangan setelah shalat Subuh. Ini yang pernah kami jalani berangkat naik kelotoknya dari warung Soto Banjar Abang Amat di jalan bawah jembatan Benua Anyar. Nanti pas pulang dari pasar terapung kita bisa naik ke warung ini sekalian sarapan soto banjar yang nom nom pastinyaa..

melihat matahari terbit di perjalanan..

Di pasar terapung selain berjualan, para pedagang juga saling barter dagangan, ikan ditukar dengan buah ato sayuran dll. Kita juga bisa makan dalam kelotok, karena juga ada kelotok kelotok yang berdagang makanan berat dan makanan kecil, kue kue khas. Jika mau belanja kelotok itu akan merapat ke kelotok kita, ngambil kue nya bisa pake kayu yang dikasih paku jadi ditusuk jarak jauh begitu baru bisa diambil..asik pokoknya bikin ketawa ketawa, apalagi kalo pas ngambil minuman..hee..

Sebenernya kami tidak ke sini juga kalo nggak nganter tamu dari luar kota..he..
Pernah sih ke sini dulu waktu zaman kuliah dengan temen temen..langsung ke pasar terapung, Pulau Kembang, jembatan Barito satu paket.
Kalo ke Pasar terapung Muara Kuin kita bisa  pulangnya mampir ke Pulau Kembang. Pulau Kembang ini adalah tempat hunian sekelompok besar monyet, jadi sama seperti di Sangeh Bali cuman ini letaknya di sebuah pulau yang dikelilingi sungai besar. Monyetnya? banyaklah..apalagi kalo kita naik pas pagi-pagi mereka belom dikasih makan jadi langsung menyerbu pengunjung yang kadang kadang membawa makanan dari luar..
Tempatnya lumayan bagus dan dijadikan cagar alam oleh pemerintah, cuman kalo namanya punya pemerintah kok ya kurang terpelihara..agak kotor begitu..

Pulau Kembang dari jauh azah yaa..

eeh ada monyet lagi nongkrong..
 
zaman kuliah jalan jalan ke Pulau Kembang

jembatan barito as background..kami duduk di atas kelotok..

Biasanya habis dari pasar terapung kita makan soto banjar buat sarapan, bisa beli oleh oleh mau ke Martapura dimana ada jual aksesoris batu batu, berlian dan kerajinan tangan lainnya, atau bisa juga ke Kampung Sasirangan tempat jual kain kain khas Banjarmasin.
Soal sasirangan dan Pasar Martapura akan aku bahas lagi di waktu lain..

dipilih yuuk..


memilih milih kain sasirangan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar