Rabu, 07 Mei 2014

Enchanted Manado

Indonesia memang surga nya tempat tempat menawan dari ujung ke ujung batas negara..
Sayang nya terkadang begitu sulit untuk dijangkau, transport darat yang tidak nyaman, transport udara yang bikin kantong kering banget..semoga ke depannya orang Indonesia lebih mencintai negara sendiri untuk wisata sehingga pemerintah pun akan lebih memperhatikan masalah transportasi ini.

Setiap ada kesempatan yg berhubungan dengan pekerjaan saia selalu menyempatkan untuk liburan juga..
Akhir tahun kemaren kami bertugas untuk kunjungan ke Manado, sebelum berangkat sudah browsing browsing tempat wisata, pastilah kalo bicara manado ingat dengan bunaken. Waktu yg ada buat bisa jalan jalan hanya satu hari atau malah setengah hari saja..
Kami berangkat bertujuh, pas ditanya ternyata yang lain juga mw ikut, oke lah kita atur jadwal dan menghubungi tour guide yg sdh kita pesan.

Bandar udara international Sam Ratulangi Manado

Hari pertama saat kita datang kita langsung menuju tempat tujuan yaitu Kantor Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat Manado yang terletak di tengah kota, dari sana kami dianter ke penginapan. Waktu itu banyak acara di Manado berbagai acara kompetisi dari olahraga dan sekolah tingkat nasional dan akan ada event internasional juga jadi hotel hotel pada penuh. Untunglah kepala balai punya famili yg mengelola penginapan seperti kos kosan gitu..tempat nya bagus dan bersih. Dari penginapan kami balik lagi ke kantor BKOM untuk menjemputi bu Tris, beliau ini instruktur senam di sana kemudian diajakin jalan jalan ke Danau Todano di Tomohon..disana banyak tempat tempat makan di sekeliling danau, jadi bisa makan sambil menikmati keindahan danau. Sayangnya kami sampainya udah mau malam jadi gak bisa banyak foto foto..karena sdh gelap, laper juga, capek juga..haha..
Pemandangan Danau Tondano yg sempat di capture dari tempat kami makan..

makan coto makassar di manado :))
udah lupa nama masakan masakannya..hee..

sambal dabu dabu
view dari balkon kamar penginapan.. <3

Besoknya pagi pagi kami jalan dari penginapan menuju tempat semacam komplek dimana banyak resto tempat makan.. (lupa namanyaaa...) sambil nunggu tour guide yg jemputin buat ke Bunaken kami menikmati makan bubur Manado yg terkenal, di sini disebut juga tinutuan.. agak aneh di lidah karena gak terbiasa..berbagai macam sayur sampai kemangi pun ada di dlmnya..

bubur Manado (Tinutuan)

Karena ada teman yg gak bisa makan kemangi, akhirnya dari resto itu kami nyari nasi kuning yang katanya enak.. nasi ini dibungkus dengan daun lontar, lucu banget..unik dan rasanya enaaak..lauknya pake daging kambing di dendeng..

Ternyata dari Manado ke Bunaken cuma naik kapal sekitar setengah jam, pemandangan sepanjang jalan memang indah banget, sayang pelabuhan tempat kami berangkat agak kotor dan kurang rapi. Mungkin karena masih ada beberapa pembangunan dan perbaikan di sana sini jadi agak kurang teratur.

Sebenarnya selain bunaken di sekitar sana juga ada beberapa pantai lain yang kata Alan guide kami  bagus, sayangnya kami nggak punya banyak waktu untuk explore. Selain waktu yg terbatas, saat itu juga lagi musim penghujan dan gelombang besar sehingga kalo sdh sore naik kapal mungkin bakalan kayak naik odong odong.. :D
Saia sih tipe orang yang kurang takutnya, soalnya setiap kali melakukan perjalanan naik apapun itu saia hanya ucap Bismillah dan biarkan semua Allah yang jagakan..hehe..

Bunaken, saia rasa agak amat sangat rame yaa.. banyak banget org jualan dan banyak banget pengunjung..
Saya dan beberapa teman mau mencoba snorkling.. sumpah ini my first time experience..untuk diketahui, asli saya gak bisa berenang..tapi lumayan saya bisa menghadapi nya..makasih buat Alan dan temen temen yang udah bantuin kita kita..
Pulang dari bunaken seharusnya kita santai santai lagi di boulevard sambil makan pisgor, tapi temen temen udah capek banget mw balik penginapan, jadinya kita cuman mampir beli oleh-oleh sama nyari rujakan bwat dimakan di penginapan.

Pelabuhan

Jembatan dalam pembangunan

Coral Reef dicapture dari atas kapal^^

sejauh mata memandang..

love love the view

dibantuin banget biar gak tenggelam..xixi..

sok sok anak pantai...haaa...

Makan siang di Bunaken ..nom nom..
Pagi berikutnya kami sarapan lagi dan teman teman nyobain menu serba cakalang..nasi goreng cakalang dan mie goreng cakalang.. saya makan nasgor biasa azah.. hehe..
Nasi goreng biasa for me..

mie cakalang for them..

paling seneng kalo pergi beli oleh oleh kain ikat begini..