Selasa, 12 Mei 2015

Trip to Karimun Jawa : Pulau, Laut dan Pantai...

Dari penginapan di Pantai Kartini kita jalan menuju Pelabuhan, deket sih sekitar 15 menit, di sana kita disuruh ngumpul di warung Bu Diah jam 8 pagi sama guide kita yang namanya Bram, dia sms sehari sebelumnya. Ternyata yang make travel agent sukawisata mereka lumayan banyak, jadi si Bram sibuk ke sono kemari ngurusin orang-orang yang mw diberangkatin.

Pas udah ketemu kita dikasih tiket sama disuruh ngisi data di kertas.
Terus kita masuk sendiri di kapal ekspress bahari. Di jembatan pelabuhan diperiksa tiket sama id, mantap juga..di tiket udah ada nomer kursi jadi nggak bakalan ketuker2 tempat duduk.

Sayangnya nggak ada tempat buat bagasi, jadi kita harus bawa-bawa barang kita ke kursi terus pinter-pinter naruh biar nggak makan tempat, soalnya jarak antar kursi agak sempit.

Kapal berangkat tepat waktu, dan karena sepertinya gelombang agak gede (walopun kata org sana ombak lagi bersahabat) dengan kapal cepat rasanya seperti naik kuda di laut..dikocok kocok dalam kapal..haaa...

Setelah 2 jam tepat kami nyampe pelabuhan Karimun Jawa,
lega laaaah...kita langsung dianterin ke homestay naik mobil.

Hari itu Jumat, jadi habis jumatan dan makan siang sdh harus siap2 buat naik kapal lagi...assssiiiik...haha..

Kita menyebrang ke spot terumbu karang pulau Menjangan Kecil, puas temen-temen snorkling lanjut ke Penangkaran Hiu
(katanya sih Penangkaran Hiu..)
 Ada 2 kolam di sini (sebenernya penampakannya aja kolam itu laut juga dipagerin seperti bendungan gitu), dan sepertinya kolam yang 1 gak boleh dimasukin. Selain hiunya agak gedean, pergerakannya juga agak cepet. Sedangkan di kolam satunya boleh dimasukin..airnya sekitar seleher lah kalo kita berdiri. Hiunya seliweran aja tuh di samping kita dengan cueknya.
 Hiunya aja cuek, nah kita yang udah masuk kolam rame-rame berjamaah tetep lah ributnya ngalahin orang sekampung..haha..
kaget hiu nya kali yaaak..

saya sebenernya bingung..yang diumpanin ikan ini kita apa hiunya yaa..haha..

Pemandangan dari kolam hiu ini cantik banget..laut warna biru tosca
 sejauh mata memandang..

MashaAllah..keindahan alam ciptaan Nya memang paling bagus ditangkap
oleh mata yang diciptakan oleh Nya pula.

Selama kami di Karimun cuacanya gak panas-panas banget..jadi kadang pas moto laut gak ada awannya atau langit birunya..karena mendung,
tapi tetaaap laah..indaaaah..

Dari kolam hiu kita sudah deket balik ke Pulau Besar saat itu sudah sore.
Saat lewat alun-alun dalam perjalanan pulang ke homestay, kita mampir kebetulan ada yang udah mulai buka.
Kita makan bakso ikan. Ada rekomen dari temen sebenernya katanya bakso ikan ekor kuning di alun alun sini enak, tapi sampai pulang nggak kesampaian.
Nyampe homestay kita mandi, shalat, istirahat bentar trus jalan lagi
ke alun-alun.
Di sono dari sore udah banyak yang jualan kaos, gelang-gelang dan kerajinan tangan lain dari kerang. Yang jualan makanan juga banyak terutama
bakaran sea food.
Kelar belanja, aku dengan iin duluan kepengen minum es kelapa.
Kami mampir di warung es kelapa dan memesan pisang bakar juga.
Baru duduk bentar sambil minum es kelapa tiba-tiba mulai gerimis dan anginnya tambah kencang..tempat duduk nya kan tiker sama meja gitu gak ada atap...haaa...jadilah kami ngungsi ke tenda orang jualan
pas hujan udah mulai deras.
Baru ngerasain hujan badai gini, mepet-mepet di tenda yang alakadarnya, beberapa warung menutup dagangannya, beberapa lagi bertahan sambil megangin tenda yang beterbangan sampai bajunya basah kuyup.
Katanya sih ini angin barat yang bertiup, jadi kalo hujan gini..
plus angin kencang. Padahal mestinya angin gak kencang gini lagi kalo udah lewat februari katanya..
Syukurlah nggak terlalu lama kemudian hujan mulai reda,
buru-buru lah kami pulang..
Oya, di karjaw listrik pake generator, jadi listrik cuman ada dari
setengah enam sore sampe setengah enam pagi.

Besoknya sebelum sarapan pagi datang kami jalan-jalan ke Pelabuhan.
Duduk-duduk menikmati pemandangan laut, sunrise yang gak ada tertutup awan, angin yang lumayan kencang...wuiiih...asik gak siih..

Hari kedua itu kapal berangkat sekitar jam 9
menuju spot snorkling lainnya.
Dari atas karangnya terlihat bagus dan warna warni, tempatnya juga tidak terlalu dalam dibandingkan spot hari I.
 (saya posting foto temen seperjalanan, dipilihin yang bagus..hihi..)
akhirnya ketemu foto yang ada ikannyaaaa....^^

karangnya gak dipegang kan mbaa...

Dari spot snorkling itu kami berlayar lagi menuju pulau tengah..
akhirnya ke pantaaaiiii...

di Pulau Tengah ini juga ada kolam hiu yang airnya lebih cetek dibandingkan yang kami masuki kemaren.
Selain puas puasin main air di pantai, foto-foto, makan siang bakaran ikan..
btw, ikan disini ngebakarnya asik
pertama ada lubang2 gitu di tanah sengaja digali bentuk segiempat,
terus dimasukin kulit kelapa, jadi di atasnya ada batang bambu buat naruh ikan yang mw di bakar..unik juga yaa..

di sini sepertinya termasuk penghasil kelapa, soalnya pas naik di pelabuhannya banyak banget kelapa numpuk, pas ditanyain ternyata mau dikapalin buat dijual..

Sebenernya jadwal hari II itu semacam hoping island,
tapi kenyataannya cuma satu pulau..
di jadwal sih habis dari pulau tengah ke pulau gosong, tapi..
pulau gosong nya karena air pasang gak keliatan, cuman gundukan
doank katanye..hehe..
 Jadinya lanjut snorkling lagi sodara-sodara..

Kita balik lagi ke Pulau Besar sekitar jam 5 an gitu..
balik homestay, mandi, shalat trus tiba-tiba dikabarin kalo nggak dapet makan malam
Jadilah kita malam itu bergerilya mencari makan,
akhirnya mampir di warung nasi goreng
sambil nunggu-nunggu dibikinin (yang luamaaaa...)
kita ngobrol2 kebetulan ketemu sama rombongan temen satu kapal juga yang ternyata mereka paketan pp jeparanya kapal lambat,
sedang kapal lambatnya gak bisa berangkat karena
gelombang gede dan angin kencang.
Sempet bingung juga mereka, akhirnya disaranin sama guide buat
upgrade kapal cepat tapi langsung ke Semarang
(waktu tempuhnya kira-kira 5 jam..aww)
Sedangkan kami yang tadinya jadwal berangkat kapal jam 11 siang jadi dimajukan jam 8 pagi karena ternyata kapal kami nggak balik lagi ke jepara dari hari jumat itu..
 Alhamdulillah sih..soalnya temen2 udah beli tiket pesawat pulang dari Semarang senin, trus udah booking hotel pula..haa..

Akhirnya kami pulang Minggu pagi, ombaknya relatif lebih tenang dibandingkan waktu berangkat..dan nyampe Jepara dalam waktu tepat
2 jam..horeee...
Udah ditungguin sama carteran mobil buat ke Semarang di Pelabuhan.
Sebentar mampir lagi pantai kartini ke perutnya kura-kura raksasa,
isinya akuarium2 ikan laut gitu semacam sea world KW100 lah..
 Trus lanjut ke Semarang sekitar 2 jam nyampe lah di hotel,
dan terdamparlah kami di lobby hotel dengan perut lapar karena check in baru dibuka jam 14.00..haha..kami nyampe belom jam 1
Untung nggak berapa lama kami udah bisa masuk kamar.

Maunya sih istirahat aja habis makan siang,
soalnya aku berdua iin besok mau lanjut lagi kan ke Wonosobo dan Dieng..tapi si krucil 3 ini ngajakin ke Simpang Lima, jadi oke lah kalo begitu..cuss..

;););)

(travel agent karimun jawa : suka wisata)