Selasa, 12 Mei 2015

DIENG : AWAN KABUT di SIKUNIR & SIKIDANG Crater

AWAN KABUT di SIKUNIR

Bermalam di Dieng buat kita-kita yang biasa kepanasan di kampung sendiri adalah sesuatu banget. Temenku sampe gak nyenyak tidur saking kedinginannya...Sepertinya suhu berkisar di bawah 16°
Sumpah dari datang sampe pulang kami cuci muka doank,
gak tega banget buat mandi..haha..
Pukul 4 subuh kita udah siap-siap berangkat ke Sikunir, yang kalo dari penginapan sekitar 7 Km. Bukit Sikunir ini terletak di Desa Sembungan.
 Berhubung kali ini kita ala-ala backpackeran, jadi ke sono nya naik sepeda motor (btw waktu dulu saya ke sini naik mobil, dan di dalam mobil pun udah kedinginan, kebayang nggak sih naik motor??)
Saya naik motor sendirian ngikutin yang nge guide (mas kiki)
ngeboncengin temenku.
Baru nyadar kalo jalannya ke sana gelap gak ada penerangan, alhasil saya gak liatin kiri kanan, yang penting keliatan buntut motor nya mas kiki aja diikutin.
Sebelum nyampe kami shalat Subuh dulu di mesjid kampung karena sudah azan, dan udah diwanti2 juga sama Mas Kelik buat wudhu an dulu
di penginapan biar langsung shalat.
Sekali ini mendaki Sikunir gak sesulit waktu pertama dulu, jalan dan tangga batunya udah bagus gak goyang2 lagi, dan sebagian sudah ada pagernya. Yang pasti saya bawa senter sendiri
(jangan lupa ya yg mw ke sini mesti bawa senter^^).
Karena waktu sunrise muncul kayaknya masih lama jadi kita
ngedakinya santai santai aja, tapi pas udah nyampe di sunrise view point kok kayanya masih berkabut aja.. Masih sempet sih nge foto yang keliatan gunungnya tapi masih gelap, pas udah mulai terang malah gunungnya ketutupan awan. Memang dari sore sampai malam itu hujan sih di sana.
Untuk waktu yang lama nongkrongin teteeeep gak keliatan apa-apa..:(  nasib..nasib..
di retouch dikit biar tampakannya agak agak misterius gitu..jiaaah..
aslinya gini niih..
Banyak yang nungguin..pas mataharinya muncul malu-malu plus bentar bingit langsung kesapu kabut lagi
Sudahlah diterima aja gak dapet sunrise hari itu.
Kebayang aja yang ngedaki Prau 2 jam gak dapet sunrise..
Setelah nongkrong-nongkrong sambil minum susu jahe dan awan kabutnya gak geser2 juga, akhirnya kita turun. Sebenernya pas nyampe bawah
langitnya mulai terang..hihi..
cakep tuh padahal kalo nge foto Telaga Cebong dari atas..huhu..
Sebelum lanjut kita foto-foto dulu di tepi telaga cebong.

foto kece ini diambil oleh mas kiki..
 Kebetulan pas lagi di parkiran juga ketemu sama anak Gimbal Dieng.
Btw sedikit cerita soal anak gimbal dieng. Ceritanya mereka ini digelari Pangeran yang bermahkota (ini kalo gak salah ingat yaa..)
dan katanya dari lahir gimbal gak diapa2in.
Terus buat ngilangin gimbalnya ada ritual2 gitu dan harus memenuhi permintaan ini anak. Permintaannya gak bisa ditawar-tawar,
jadi kalo gak diturutin ya tetep lah biar digundulin nanti yang tumbuh
gimbal lagi. Aneh juga yaa..

anak gimbal dieng
 Kawah SIKIDANG

Dari Sikunir kita lanjut ke Sikidang Crater (Kawah Sikidang)
Tiket terusan dari candi arjuna kemaren kepake di sini niih..
dari parkiran kita masih harus jalan lumayan jauh lagi untuk menuju kawah. Sepanjang jalan banyak yang jualan oleh-oleh berupa makanan, buah, hasil panen, batu belerang, juga bunga edelweis kering
sebenernya edelweis nggak boleh dipetik ya..kata mas kiki sih kalo ketahuan metik bisa di tangkap..
jadi yang dijual itu sebenernya bunga hutan dan gunung yang juga mirip dengan edelweis..gitu sih katanya..
Oya btw dikit tentang mas Kiki, guide kami ini pinter banget moto..haha..
jadi kami serahkan semua padanya lah urusan foto mem foto..
Dari jauh udah keliatan asap dari kawah dan bau belerang..banyak batu-batu besar dan berwarna terang di daerah sini.
katanya suhu dalam kawah ini sekitar 90 derajat celcius, bisa buat ngerebus telur donk..

sebenarnya kita kepengen ke telaga dringo yang konon kata mas Kelik
kece mirip ranu kumbolo...tapi jaraknya sekitar 10 km an dari penginapan dan ada jalan rusaknya pas nanjak pula..wuaaah...saya yang naik motor sendiri gak berani kayaknya deh..
semoga next time ke sini lagi jalannya udah bagus yaaa...aamiin..
selain itu matahari juga nggak terang benderang,
jadi gak dapet juga bagus ranu kumbolo dieng nya kali ya..hee..
(ngehibur diri..)
gak banyak waktu juga karena harus balik Semarang hari itu..
Akhirnya kita selesai di Sikidang, tinggal jalan-jalan sendiri aja
muter muter dieng naik motor..
mampir di kebun kentang, mampir di pohon carica..
btw carica ini buah khas dieng, biasa dibikin manisan sudah dikemas dan dikotak kotak, ada juga yang dibikin kripik. Buahnya mirip pepaya tapi kecil, sampai ke daunnya mirip pepaya.
Nah cabe juga di sini gendut gendut mirip paprika tapi jauh lebih kecil, waktu di bromo juga ketemu cabe ini..
pohon carica

cabe dan terong belanda
 Kembali ke Semarang..
gak pengen pulang..hihi..
jadi dari awal kan kita masih gak ngerti bakalan pulang naik apa nih..
nanya nanya ke Mas Kelik, katanya naik shuttle aja Sumber Alam (btw ini sebenernya udah direkomendasi sama temen ketemu di karjaw yg org Semarang..pas chat mpe dikasih no telp lagi..hee..)
Pas udah siangan kita pamit-pamit di penginapan, trus nungguin bus lewat.
Sopir bus dari dieng malah nganjurin kita buat naik travel andiny aja, katanya ada terus yg ke Semarang, nyampe Wonosobo malah dianterin sama dia ke travel itu..eeh buset ternyata travelnya gak ada lagi yg ke Semarang..jiaaah..
Tapi ternyata shuttle sumber alam itu nggak jauh (ato lumayan jauh lah in case kita jalan kan sambil ngegeret tas..),
nyebrang dari andhiny, lewat lewat gang gitu sampai ke jalan sebelah trus lgs ketemu pangkalannya sumber alam..hee..saat itu jam 1 siang
dan Alhamdulillah kita dapet kursi ke Semarang buat yang berangkat jam 2..
Perjalanan ke Semarang dari Wonosobo terasa lebih panjang, nggak ngerti apa jalannya beda sama waktu berangkat ya (saya tidur sepanjang jalan haha)..kita baru nyampe pas magrib..
Karena shuttle nya gak sampai lewat hotel kita, akhirnya kita mampir depan  RS dr.Sardjito dan beli makan dulu (kebetulan banyak warung di sana)
Baru naik taksi ke hotel..aaaakkk udah kangen kasuuur...