Jumat, 14 November 2014

LOST IN BATAVIA : Day 5 "Ke Kebun Raya Bogor Yuuk.."



Jalan jalan ke kota Bogor sudah lama direncanakan, kebetulan udah jauh jauh hari mau ketemuan sama temen yang tinggal di sentul. Tapi ternyata pas hari H malahan kita gak bisa ketemuan karena temen itu ada kawinan sodara di Bekasi..truss..tetep lah jalan ke Bogor^^


Sebelumnya udah bbm an dengan temen juga yang tinggal di Jakarta tapi kerja di Bogor pp tiap hari, berangkat gelap pulang juga udah gelap katanya si eonnie ini..hee..

Rencana mau nyobain commuter line, trus kata eonnie kereta nya hampir tiap jam sih ada yang ke Bogor. Nah kembali browsing stasiun mana yang paling mudah dicapai dari penginapan, ternyata stasiun Sudirman, kalo naik busway dari Sarinah melewati sekitar 3 halte gitu. Akhirnya diputuskan naik dari stasiun Sudirman. Kalo ke stasiun Sudirman itu turunnya di halte Tosari, nyebrang ke kanan, jalan dikit lah (terimakasih google map ngebantu banget..:)
Kebetulan tgl 9 nov itu hari Minggu, jadi waktu jalan ke halte dan ke stasiun suasananya rame banget karena lagi car free day..kalo gak mau ke Bogor mau juga tuh ikutan cfd di Jakarta
car free day dari atas jembatan halte Sarinah
dari halte Sarinah

pas jalan menuju stasiun Sudirman ngeliat banner ini..hee..

menuju stasiun


Sudah kayak orang udik lah gak ngerti gimana gimananya..hee..trus nanya di loket stasiun, disuruh nge tap kartu flazz dulu di loket satunya yang cuma ada mesin ga ada org buat ngeliatin saldonya cukup nggak, baru masuk gate, nge tap lagi...weeew..berasa naik MRT di Singapur..haha..

KRL ke Bogor naiknya di platform 2. Bedanya kalo MRT di Singapur yang pernah saya naikin, platformnya di tengah, jadi keretanya yang di kanan dan di kiri, kalo di sini jalur kereta yang di tengah jadi mau ke platform sebelah harus naik eskalator dulu kemudian turun lagi di sebelah..

Katanya si bapak di loket, tar yang mw ke Bogor keretanya berangkat 07.05, karena tinggal sebentar jadi buru buru nggak sempat mem foto foto banyak di stasiunnya deh..padahal stasiunnya lumayan lah bagus..

Loket tiket kartu Stasiun Sudirman

Stasiun

Paltform 1 dari tempat saya duduk

orang orang yang baru turun dari KRL stasiun Manggarai, kayanya pada mau ke CFD

Pengumuman kereta datang sudah terdengar, kereta menuju Bogor, naik lah begitu kereta berhenti ternyataaa...lumayan gak dapet tempat duduk, ternyata gak hari kerja penuh juga ya..setelah bergantungan sekitar setengah jalan, ada ibu ibu yang menjawil karena dianya mau turun di stasiun berikutnya dan memberikan tempat duduknya ke saya, alhamdulillah..celingak celinguk gak ada juga orang tua atau ibu ibu hamil yang lagi berdiri, jadi bisa duduk dulu dengan tenang. Semakin dekat ke Bogor semakin banyak kursi kosong yang ditinggalkan penumpang. Perjalanan ke Bogor sekitar 45 menit an gitu.
stasiun kota Bogor
Sampai di stasiun kereta Bogor, aawww ternyata rameeee bangeeet...loket kartu tiketnya aza penuuh ngantre padahal loketnya banyak. Keluar dari stasiun lumayan jauh jalan, dan begitu keluar sejibun orang jualan di jalannya karena banyak angkot yang ngetem juga..
aku mampir bentar beli tissu sekalian nanya, angkot mana yang lewat Kebun Raya. Menurut hasil googling sih katanya jalan sebentar aza sekitar 10 menit nyampe di Kebun Raya, tapi ampun deh terimakasih..lagi males banget jalan soalnya puanaaas..
Akhirnya berdasarkan petunjuk si bapak jualan tissu saya disuruh naik angkot nomer 02, tapi naiknya di depan depan jalan situ katanya, biar cepet jalannya..okke..02 ikutan doonk..
Begitu 02 jalan, nanya nanya lagi sama penumpang, dari tarif angkot, sampe minta tolong di stopin dimana kalo mw masuk Kebun Raya.
Singkat kata, udah di depan loket tiket yang dekat kantor pos, tiketnya 14rb rupiah + seribu rupiah PMI
nyampe deh di dalam, langsung berasa seger ijo ijo gitu..keliling lah diriku
Sebenernya, setelah gagal mau ketemuan temen yang namanya Wenni di sini, aku janjian juga sama temen adik namanya Nitor, dia lagi ada familly gathering gitu, tapi muter muter gak ketemu juga, akhirnya udah masuk putaran terakhir baru ketemu..\oo/

ini peta nya pas di depan pintu masuk, karena saya bukan Dora jadi tetep aza gak ketemu yang mw dicari haha..
me n my backpack..paling nyaman bawa bawa barang banyak..smua masuk
si mas ini dan beberapa org asik ngintip ngintip kamera mw memfoto burung yang ada di tengah danau ini
Monumen Rafless buat istrinya
adem banget deh di sini..

teratainya gede dan cantiik..MashaAllah


bertaun tauh gak ketemu ni anak..hee..
Setelah puas n capek juga jalan kliling kliling akhirnya saya menuju pintu keluar..nanya sama bapak bapak di luar naik angkot apa ke stasiun, ternyata naik 03. Okke saya naik 03 dan sampailah ke stasiun.

Sebenarnya rencana mau mampir di Depok, tapi takut nyampe Jakarta kesorean, ya sudah nggak jadi terus aja..nah di sini awal nya salah naik kereta hehe..baca di next story ya "gak nanya(sok tau) sesat di busway"

Kereta commuter line ini punya gerbong khusus buat cewek, gerbong paling depan sama gerbong paling belakang. 

gerbong khusus wanita di bagian belakang
pada saat aku di kereta ada bapak bapak yang kehilangan tas nya, katanya waktu kereta mampir di satu stasiun ada bapak bapak gendut ngambil tas nya dan turun di stasiun itu, gak ngerti sih gimana kronologis kejadiannya, yang pasti bapak itu baru ngeh begitu kereta udah jalan lagi..
#saya pikir mengamankan barang bawaan adalah kewajiban kita masing masing ya, apalagi di tempat umum, pada saat itu kebetulan gerbong umum itu penuh banget dengan orang yang berdiri diri. Yang nyari kesempatan juga keterlaluan banget, ngeliat aza orang lagi lengah.. semoga ada barang barang bapak itu yang dikembalikan..semoga bapak gendut itu cuma salah ambil barang..

Karena gak jadi mampir di Depok saya santai santai saja dalam kereta, sampai akhirnya saya melihat peta jalur kereta yang saya naikin..dweeeng...hihi..ni kereta ternyata gak mampir di stasiun Sudirman, seharusnya saya naik KRL yang ke Jatinegara (jalurnya muter lewat tanah abang dan senen) padahal KRL yang saya naiki langsung lurus aza ke Stasiun Jakarta Kota. Next story ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar