Selasa, 22 April 2014

Loksado, Over The Horizon

Kadang kita menemukan tempat tempat yang indah tak jauh dari rumah, sejauh mata memandang itulah kebesaran Sang Maha Pencipta..
Say "Alhamdulillah" everytime everyday you have a blessed
Masih punya waktu, punya kesehatan, punya materi, punya kemampuan untuk pergi melihat alam..
Yaaaayy... i'm the one of green lover..<3 <3

"Loksado, Tanuhi, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan"

Dari kota tempat tinggal ku, Banjarbaru, menuju ke tempat ini sekitar 2 jam sampai ke kota Kandangan Hulu Sungai Selatan lewat jalan darat..kemudian harus naik lagi dengan mobil angkutan pedesaan sekitar setengah jam ke arah atas gunung dengan jalan yang lumayan berkelok kelok..

Akhirnya sampai ke Cottage di Tanuhi. Di sini ada kolam air panas, dan ada kolam air biasa.

cottage Tanuhi

spot someone behind me..hihi..he's my frend ^^

Selain menikmati hijau hijau sejauh mata memandang, berendam air panas, juga ada wisata alam lainnya yang paling terkenal adalah "bamboo rafting" di sini disebut dengan be lanting bambu..Menyusuri sungai amandit dari loksado sampai tanuhi selama kurang lebih 2 jam naik lanting bambu lumayan memacu adrenalin sama seperti rafting dengan perahu karet tapi ini lebih menantang. Untuk pendatang yang ingin rafting pakai perahu karet juga ada, tapi yang khasnya memang naik lanting bambu ini. Pemandangannya seger banget.

Ceritanya dulu orang orang suku dayak Loksado turun ke kota dengan naik lanting ini untuk membeli bahan bahan kebutuhan sehari hari..nanti sampai di kota lantingnya mereka bongkar dan bambunya dijual di sana, untuk naik lagi mereka berjalan kaki. Itu dulu, sekarang mah mereka sudah pake kendaraan roda 2 atau roda 4.

be lanting bambu (Bamboo Rafting)

Pergi ke sini belum pernah sengaja untuk liburan, biasanya karna ada acara perkumpulan komunitas analis kesehatan sekalian dikemas dengan liburan jadi adalah malamnya acara acara api unggunan laah..yang rame rame pada nyanyi dengan organ tunggal laah..hehe..

api unggun sambil bakar jagung..><
 Tempat lain yang bisa dikunjungi di Loksado adalah air terjun Haratai, dari cottage di Tanuhi bisa naik ojek sepeda motor selama kurang lebih setengah jam untuk naik gunung lagi, karena jalannya yang sempit, berbatu memang naik sepeda motor adalah alternatif lain selain berjalan. Melewati rumah rumah penduduk asli dayak Loksado yang disebut juga suku dayak bukit....

Perjalanan menuju air terjun Haratai lumayan menegangkan karena jalannya yang terus menanjak dan tidak begitu nyaman untuk dilewati sedangkan sebelah kiri bisa dilihat jurang dengan sungai di bawah penuh dg batu batu besar..heehee.. tapi begitu sampai di sana semua perjuangan naik tadi terbayar sudah..
Karena akses jalan yang agak sulit, air terjun ini tidak terlalu banyak yang mendatangi, sehingga kurang terpelihara dan tidak di perhatikan fasilitasnya oleh Pemerintah Daerah.
Akan tetapi karena tidak terlalu banyak orang jadi lebih nyaman menikmati alam ^^

selain air terjun haratai juga ada air terjun kilat api...tidak tinggi, hanya berupa aliran yg jatuh bertingkat dari atas..tapi lumayan bagus untuk dinikmati, suasananya juga nyaman banget..

Air Terjun Haratai

Air terjun kilat api..ini letaknya tidak jauh dari penginapan kami di Tanuhi
familly gathering dinkes prov KalSel 2012 Tanuhi

room mate dg ibu ibu sekalian iniiih...lumayan seruu..(familly gathering 2012)